Minggu, 30 Juli 2017

Cara mudah menyemai cabe

      Kali ini saya akan membuatkan untuk anda cara membuat persemaian untuk tanaman cabe versi pemula, ya ini versi pemula karena saya pun masih pemula di bidang ini hehe..

Baiklah apa itu persemaian ?
Persemaian (Nursery) adalah tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih (atau bahan lain dari tanaman) menjadi bibit/semai yang siap ditanam di lapangan.
Atau dalam kamus besar bahasas indonesia kata semai dapat berarti :
benih tumbuhan (yg sudah berkecambah) yg akan ditanam lagi sbg bibit di tempat lain): -- padi; -- kopime·nye·mai v menanam (menaburkan) benih (biji-bijian) di tempat yg tersedia untuk menghasilkan bibit tanaman yg akan ditanam lagi di tempat lain;
se·mai·an n hasil menyemai; semai
pe·se·mai·an n tempat menyemai(kan) bibit pohon (biji-biji): - padi;
Cara membuat persemaian cabe
Sebelum memulai menyemai kita harus memiliki tempat persemaiannya itu sendiri terlebih dahulu. Tempat menyemai bisa beraneka ragam mulai dari tray,polybag,bedengan,wadah plastik dll sebagai berikut :

1. Tray semai
Tray semai sangat umum digunakan oleh petani maupun insan pertanian untuk menyemai tanaman dikarenakan praktis dan effisien,

 tray semai biasanya berbahan dasar plastik dengan jumlah lubang mulai dari 6,10,100,sampai dengan 200 lubang disesuaikan dengan kebutuhan, apabila ingin menyemai skala rumahan disarankan memilih jumlah lubang tanam yang tidak terlalu banyak atau media lain.
Tray semai diisi dengan menggunakan media tanam bisa berupa tanah, tanah + pupuk kandang/kompos, tanah + sekam. Media tanamnya disesuaikan saja dengan bahan yang ada dan mudah didapatkan, isi tray dengan media tersebut lalu diisi biji cabe 1 biji per lubang setelah diisi semua lubang tanamnya tray ditutup oleh tanah tipis tipis saja agar biji cabe tidak bergeser dan menghilang dibawa serangga, disiram pagi dan sorehari menggunakan sprayer ataupun air secara hati hati agar persemaian tidak rusak, setelah berdaun 4-6 tanaman cabe siap dipidah ke lapangan atau ke pot/polybag juga bisa hehe.

2. Polybag
Nah ini juga umum, pasti pernah denger dong polybag? ya.. polybag juga bisa digunakan sebagai tempat menyemai yang baik cukup isi dengan media tanam lalu simpan biji dan ditutup tanah tipis tipis, semaian disiram pagi dan sore hari dengan air. Jangan menggunakan gayung dulu! pakailah semprotan atau air disiram secara hati hati jangan sampai rusak. setelah berdaun 4-6 tanaman cabe siap dipidah ke lapangan atau ke pot/polybag.

Polybag banyak macam dan ukuran jadi disesuaikan dengan kebutuhan, klau saya menggunakan polybag ukuran kalau gak salah yang 25/30 cm lupa pas belinya :D

3. Pot semai dari kertas
Ini yang paling baru, nggak deng Ts cuma baru tau aja kalo bisa bikin persemaian dari kertas padahal daridulu udah ada caranya gampang dan sangat efektif mengurangi limbah karena kertas yang bersifat biodegradable artinya bisa terurai dengan tanah. cara buatnya gampang nanti dikasih link Youtube yang buatnya soalnya ts juga liat darisitu. ya caranya sama seperti pake polybag setelah diisi media tanam, dimasukan benih lalu ditutup tanah lagi, disiram 2x sehari sampai berdau 4-6 lalu boleh dipindah tanam. 
Oh iya ini juga berlaku bila ingin menyemai menggunakan gelas bekas minuman, wadah bekas,dll 
Tutorial cara membuat persemaian dari kertas bekas  ( link youtubenya gan..)

4. Bedengan semai teknik sungkup
Untuk petani konvensional yang menanam lebih dari 100 tanaman biasanya menggunakan bedengan sebagai persemaiannya agar lebih efektif dan efisien terus.. biar cepet berkecambah dilakukan pula berbagai jenis perlakuan seperti perendaman, diberi zpt, direndam pestisida,dll.
Caranya setelah bedengan dibuat dengan ukuran lebar 50cmx1m benih bisa dibuat lubang 1 per 1 atau juga bisa langsung disebar lalu ditutupi tana tipis tipis, disiram 2x sehari sampai berdau 4-6 lalu boleh dipindah tanam. 


Nah segini dulu yang bisa saya share kalo ada kurang atau kesalahan mohon kritiknya komen saja dibawah. Terimakasih salam hijau

Courtesy: Google

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar